Powered By Blogger

Jam

Gunung Argopuro

on Rabu, 17 Desember 2008


Gunung Argopuro adalah bagian dari pegunungan Iyang yang terletak di kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Ketinggiannya mencapai 3088 m dpl, berada pada posisi geografis ………… Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis. Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. Puncak tertinggi ini bernama Welirang dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggia(triangulasi)

Gunung argopuro merupakan bekas gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi. Bekas kawahnya yang sudah tidak aktik namun terkadang masih berbau belerang dapat ditemui di sekitar puncak Rengganis. Di dekat bekas kawahnya yang sudah mati ini dapat ditemukan bekas-bekas bangunan pada masa lampau.

Terlepas dari segala mitos dan legenda yang beredar di masyarakat, gununng ini memang sangat indah. Pemandangan yang beragam dan indah akan dapat ditemui sepanjang perjalanan. Perkebunan, padang rumput, taman bunga, taman edelweiss, hutan pinus, hutan hujan tropis, dan bahkan danau menghias alam Argopuro. Padang rumputnya yang amat luas dan berbukit-bukit menjadi keindahan tersendiri. Belum lagi taman edelweiss yang berisi tumbuhan edelweiss yang ketinggiannya lebih dari 3 m, suatu pemandangan yang jarang ditemui.. Pada musim hujan, di kanan kiri jalur pendakian tumbuh beberapa tanaman bunga, sehingga serasa berjalan dalam sebuah taman bunga. Sumber airpun mudah ditemukan di gunung ini, sehingga para pendaki lebih mudah memperoleh persediaan air. Dibandingkan gunung lainnya di pulau jawa, lebih mudah menemukan satwa di gunung ini, suara burung dan ayam hutan akan menemani perjalanan anda. Bahkan jika beruntung, biasa bertemu dengan burung merak. Namun sayangnya saat ini banyak hutannya sudah musnah habis terbakar, yang mengakibatkan banyaknya pohon tumbang dan mengurangi keindahan Argopuro.

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapat anda tentang Blog ini?