Powered By Blogger

Jam

Arung Jeram Pekalen

on Rabu, 17 Desember 2008

Probolinggo Kini Tidak
Lagi Hanya Gunung Bromo



Probolinggo – Di wilayah yang dikenal dengan Gunung Bromo-nya itu, pilihan wisata petualangan semakin lebar. Berkuda di kebekuan pagi menikmati matahari terbit dari bibir kawah gunung sudah dikenal sejak masa kolonial. Wisata petualangan di antara masyarakat Hindu Tengger memang menjadi ciri utama wisata Jawa Timur.

Boleh jadi Kali Pekalen dari pemandangan alam bukan pesaing Gunung Bromo. Namun dari segi alternatif wisata petualangan ia penantang terbaru indahnya lautan pasir dan kawah Bromo. Jika Anda berada di wilayah Jawa Timur, dan Probolinggo salah satu tujuan, maka Anda bisa memilih paket wisata petualangan arung jeram bagi keluarga tersayang. Putra-putri Anda bisa mencoba berpacu dengan derasnya alur sungai yang meliuk di antara batu-batu gunung ukuran raksasa. Kendati cukup berbahaya, tapi alur sungai Pekalen dinilai paling aman bagi wisatawan yang hendak meluncur mengarungi jeram Pekalen. Lokasi wisata tantangan itu, kini dikelola oleh PT Songa Alam Lestari.
Konon, lokasi arung jeram di alur sungai Pekalen, merupakan alur terbaik setelah sungai Citarik di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Dari segi keamanan wisata, jeram sungai Kali Pekalen medannya tidak terlalu berbahaya. Tapi, dari sisi tingkat kesulitan arung jeram, dalam kondisi normal angkanya bervariasi antara 2 – 3+. Nilai itu berada setingkat di atas arung jeram Sungai Ayung di Bali serta di bawah Sungai Saddang dan Lariang di Sulawesi Selatan yang kesulitannya mencapai 4-5.
Selain itu tantangan alam berupa puluhan jeram-jeram sungai yang ditawarkan masih sangat molek dan perawan. Pemandangan alam berupa tebing sungai yang curam dan membentuk semacam gua, menambah panjang daftar panorama yang memberi nuansa baru pada kelopak mata. Lengkaplah sudah anggota tubuh berekreasi. Dari otot tangan dan kaki yang meregang saat perahu karet meliuk-liuk di alur jeram, sekaligus retina mata disuguhkan panorama warna-warni.
Bagi para petualang, kondisi itu menjadi tantangan yang sangat menggiurkan. Belum lagi pemandangan alami yang khas dengan nuansa pedesaan menjadi pelengkap pesona arung jeram Sungai Pekalen. Nuansa alami terekam pada langkah tapak kaki perawan desa yang berpenampilan polos dan lugu. Mereka tak melepas senyumnya ketika perahu karet wisatawan arung jeram melintas di tepi sungai tempat mereka mencuci pakaian. Di balik bebatuan raksasa, perawan desa itu asyik bercengkerama. Sesekali tangannya dilambaikan kepada wisatawan arung jeram. Sungguh, pemandangan yang langka disuguhkan di perkotaan.
Adalah Ferdi (28), seorang wisatawan mengaku mencicipi tantangan arung jeram di beberapa lokasi di beberapa daerah di Indonesia, menilai lokasi Kali Pekalen paling ideal untuk jeram wisata. ’’ Jeram di sini tak mengundang bahaya. Kalaupun ada, paling hanya ada dua jeram yang patut diwaspadai ancamannya’’ tuturnya.
Selain itu kondisi dan medannya hampir sama dengan arung jeram di Sungai Citarik. Bedanya arung jeram di Sungai Citarik lebih dulu dikenal untuk berwisata serta terdapat beberapa operator yang melayani wisatawan. Ferdi meyakini, jika paket wisata arung jeram di Kali Pekalen dikemas dan dikelola profesional, maka tak akan kalah dengan lokasi di Kali Citarik Sukabumi.
Setidaknya, bisa dijadikan pilihan dan alternatif bagi wisatawan tantangan untuk menjajalnya. Ferdi memberi saran, agar pengelola arung jeram Kali Pekalen lebih gencar mempromosikannya. Bisa dengan menampilkan di leaflet wisata, dan diedarkan di hotel dan travel biro di kota-kota besar.
Saran Ferdi itu, tampaknya ditanggapi positif oleh Manajer Progam PT Songa Alam Lestari, Imam Santoso. Imam mengatakan, pengembangan wisata arung jeram ke depan bakal diarahkan lebih spesifik dengan sasaran para eksekutif muda. Terlebih, setahun terakhir ini lahir tren baru di kalangan eksekutif muda lewat media out bond berlatih keterampilan manajerial melalui kegiatan alam bebas. ’’ Memang ke depan kami akan mengembangkan untuk arena. Tahap awalnya kami masih menata supaya wisata arung jeram ini menjadi paket wisata yang layak dijual,’’ tambahnya.
Wisata arung jeram Sungai Pekalen menempuh rute sepanjang sembilan kilometer, berangkat dari Desa Pesawahan di Kecamatan Tiris dan finis di Desa Condong, Kecamatan Gending. Jarak sembilan km itu ditempuh dengan perahu karet selama tiga jam.
Di tengah-tengah jalur rute arung jeram, peserta dapat beristirahat selama 30 menit untuk menikmati sajian khas menu jajan desa. Tenggorokan makin dimanja dengan air kelapa muda sebagai pelepas dahaga.
Dalam paket wisata tantangan ini, Imam Santoso menjual paket wisata arung jeram Kali Pekalen hanya sepekan sekali. Selain paket wisata ini baru dibuka lima bulan lalu, Imam juga masih mencari terobosan untuk membuka paket wisata di luar hari Minggu. Misalnya, paket libur nasional, atau paket liburan sekolah. Dalam waktu dekat ini, Imam Santoso akan mencoba membuat paket Sabtu-Minggu. Paket ini khusus disiapkan bagi eksekutif muda yang pada dua hari akhir pekan itu. menjalani liburan rutin. Misalnya eksekutif perbankan.
Berapa rupiah paket wisata itu dijual? Menurut Imam, paket untuk akhir pekan dan hari libur dijual Rp 150.000/orang wisatawan domestik dan Rp 350.000/orang untuk wisatawan asing. Hari biasa harganya lebih murah, turis asing hanya dikenakan tarif Rp 300.000/orang dan turis domestik Rp 125.000. Malahan paket bagi para pelajar hanya Rp 75.000/orang. Harga jual paket itu sudah termasuk asuransi, angkutan ke lokasi start, makan siang serta snack.
Meski baru beroperasi sekitar lima bulan, rata-rata pengunjung yang menikmati paket arung jeram ini setiap bulannya sudah mencapai 300 orang. ’’ Tarif paket arung jeram ini, memang relatif mahal. Soalnya, biaya operasional masih belum bisa kami tekan,’’ paparnya. Imam memberi contoh investasi perahu karet standar buatan dalam negeri harganya sekarang mencapai Rp 17 juta. Biaya itu belum termasuk biaya perawatan, honor 20 orang operator, asuransi, sewa lahan, snack dan makan siang yang masih menyedot biaya cukup mahal.
Saat ini, PT Songa Alam Lestari memiliki memiliki enam unit perahu karet siap operasi. Jika jumlah pengunjung membludak kami siap mendatangkan perahu karet dari Bali. Syaratnya sepekan sebelum rombongan datang, pihak travel biro mengontak Imam. Selamat datang, para wisatawan petualang.

0 komentar:

Posting Komentar

Apa pendapat anda tentang Blog ini?